Home
Kembali
Ketua FKUB Apresiasi Pesan Natal Gubernur Anies Rasyid Baswedan

Ketua FKUB Apresiasi Pesan Natal Gubernur Anies Rasyid Baswedan


Kamis, 27 Desember 2018 - 10:32:32 WIB - Dibaca : 52 Pengunjung

JAKARTA – KETUA Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Pemprov DKI Jakarta H. Ahmad Syafii Tanudjaya, SH mengapresiasi pesan Natal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama PNS DKI Jakarta yang mengatakan pentingnya untuk terus untuk turus menumbuhkan persatuan guna mewujudkan Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya.

“Pesan Pak Anies ini sesuai dengan  misi FKUB untuk terus memupuk persaudaraan, kesederhanaan, menjaga persatuan dan kesatuan khususnya di wilayah DKI Jakarta,” ujar Ketua FKUB DKI Jakarta H. Ahmad Syafi’i Tanudjaya dalam Refleksi Akhir Tahun Baru di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Hadir pada kegiatan ini, tokoh-tokoh agama pengurus FKUB, dan Kasubdit Kerukunan Umat Beragama Kesbangpol DKI Jakarta Drs. Ridwan Rusli, MM.

Menurut Syafi’i, masalah kerukunan umat beragama itu diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Agama dan Mendagri No. 9 dan No. 8 Tahun 2006 yang intinya mencakup 3 hal yaitu toleransi, kesetaraan dan kerjasama.

Selain regulasi, kata Syafi’i, ketaatan kepada adat istiadat dan kearifan lokal, atau kebudayaan dominan di suata daerah akan menjadi bagian penting dalam mewujudkan kerukunan umat beragama.

“Faktor pengaruh tokoh agama dan kearifan lokal masih berperan dominan dalam memelihara kerukunan umat beragama. Hasil survey membuktikan peran tokoh agama sebesar 47,9 persen dan pengaruh kearifan lokal 42,1 persen,” pungkasnya.

Refleksi Ahir Tahun 2018 ini selain dihadiri para pengurus FKUB Jakarta, juga Kasubdit Kerukunan Umat Beragama Kesbangpol DKI Jakarta , Drs. Ridwan Rusli, MM. (sumber. kesbang.com)


Bagikan Melalui


Komentar Anda